Adakah yang Lebih Efektif dari Beriklan di TV?

Tuesday, June 21, 2011

Iklan dalam bisnis adalah hal yang tak terpisahkan. Untuk beriklan, perusahaan tak segan mengeluarkan anggaran sebanyak-banyaknya. Berdasarkan penelitian dari para pakar bisnis, biaya promosi, termasuk iklan di dalamnya bisa mencapai 80 persen dari biaya produksi. Sebagian pebisnis menganggap iklan TV sebagai media beriklan yang paling tepat. Seberapa efektif iklan yang kita tayangkan di TV? Pertanyaan berikutnya adalah, adakah media iklan yang jauh lebih efektif dari iklan TV? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas lebih mendalam. Iklan TV akan sangat efektif manakala spot iklan tersebut ditayangkan di waktu primer siaran TV, sekitar pukul 19.00 hingga pukul 22.00. Jam tersebut merupakan jam primadona siaran TV di mana diasumsikan penonton terkonsentrasi pada jam tersebut.

Sayang sekali, kebiasaan penonton TV di Indonesia adalah memilih memindah TV ke saluran lain di saat iklan ditayangkan. Efektivitas iklan TV sangat dipertanyakan di sini mengingat biaya pasang iklan pada waktu primer jelas sangat mahal dibanding waktu lain. Mengingat efektivitas iklan TV yang meragukan, lantas alternatif beriklan seperti apa yang bisa ditempuh oleh pengusaha? Salah satu metode iklan yang dianggap cukup efektif adalah ber iklan dengan pamflet. Tentu, untuk meningkatkan efektivitas dari pamflet ini, pengusaha perlu sedikit lebih kreatif. Anda dapat menyertakan program diskon khusus dengan menunjukkan pamflet tersebut. Cara ini dipandang memiliki efektivitas lebih baik dibandingkan tingkat efektivitas iklan tv.

Menggunakan pamflet jauh lebih efektif dibanding dengan memasang iklan di TV karena beberapa hal. Pertama, biaya pasang iklan di TV jauh lebih mahal dibanding biaya pembuatan pamflet. Kedua, durasi iklan di TV hanya beberapa detik, sementara pamflet bisa bertahan jauh lebih lama. Ketiga, iklan di TV hanya bisa dilihat saat calon konsumen menonton TV, sementara pamflet bisa diberikan pada siapa saja dan di mana saja. Jadi, daripada Anda menghabiskan banyak anggaran promosi hanya untuk biaya pasang iklan di TV, akan lebih baik Anda mengalihkan dana pasang iklan tersebut pada metode beriklan yang lain, dengan menggunakan pamflet. Biaya pembuatan pamflet serta biaya penyebarannya jauh lebih murah dibanding biaya pasang iklan di TV.

Sumber : http://bengkelbisnis.com/pemasaran/adakah-yang-lebih-efektif-dari-beriklan-di-tv/
.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Academics Blogs Academics Top Blogs blogarama - the blog directory Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits! Media Promosi

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP