Tips Mengoptimalkan Promosi Usaha

Sunday, September 11, 2011

Promosi usaha menjadi faktor penting dalam suksesnya pemasaran sebuah produk. Ada banyak cara orang melakukan promosi, namun tidak semua cara promosi tepat untuk setiap produk. Bahkan satu cara promosi yang efektif saat ini belum tentu efektif untuk masa yang lain. Karena itu diperlukan pemahaman bagaimana promosi bisa dilakukan dengan efektif, efisien dan tepat sasaran. Menjadi sia-sia biaya promosi yang besar sudah dikeluarkan tetapi tidak tepat pada sasaran.

Saat ini kita dihadapkan pada pelanggan yang semakin kritis, informasi juga mudah diperoleh oleh pelanggan baik lewat media televisi, koran, majalah, internet, radio, billboard, handphone dan sebagainya. Namun sayang banyak perusahaan yang membuang dana promosi pemasaran begitu saja, karena ada beberapa kesalahan yang mereka buat.

Untuk mengoptimalkan Promosi usaha , ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh marketing sebelum melakukan promosi usaha. Berikut beberapa Tips untuk mengoptimalkan Promosi usaha:

1. Marketing is Communication and Education.

Apakah anda sudah mengkomunikasikan promosi pemasaran anda dengan baik ke calon pelanggan anda?. Apakah pelanggan anda mengerti dan memahami apa yang anda tawarkan kepada mereka ? Apakah komunikasi anda mendatangkan respon yang positif dari calon pelanggan anda?. Apakah promosi pemasaran anda berisi pendidikan, yang membuat calon pelanggan anda dari yang tidak tahu menjadi tahu tentang produk anda?

2. Marketing starts well before the first purchase and continues well after the last sale.

Kegiatan marketing di awal sangatlah penting agar terjadi penjualan. Tanpa marketing yang tepat maka relatif tidak akan terjadi penjualan. Para pemasar sering terlena dan sering beranggapan bahwa kegiatan marketing hanya dilakukan sebelum penjualan. Persaingan saat ini menuntut seorang pemasar melakukan aktivitas marketing juga setelah terjadi penjualan. Tujuan dari hal ini adalah, agar pelanggan anda melakukan transaksi penjualan kembali ke anda dan tidak beralih ke pesaing anda. Salah satu contoh : Saya sangat suka dengan sms dari salah satu perusahaan jasa service mobil, setiap 3 bulan sekali pasti mengirimkan sms yang intinya adalah mobil saya perlu diservice kembali agar mobil saya dalam kondisi prima.

3. Under promising and over delivering.

Pelanggan anda akan puas jika anda tidak berjanji tetapi anda memberikan kejutan. Atau anda memberikan produk atau layanan yang melebihi apa yang anda janjikan. Contoh sederhana : anda berjanji untuk mengirimkan barang dalam 1 minggu, tetapi kenyataanya pelanggan anda menerima barang dalam waktu 5 hari.

4. Building the right marketing campaign.

Ada 5 hal utama yang sering dilupakan oleh para pemasar saat melakukan promosi marketing :

A. WHO
“WHO” berarti berbicara tentang : siapa target market anda, siapakah yang anda harapkan untuk dapat membeli produk anda?. Anda sebagai pimpinan harus mengetahui secara detail siapakah target market anda, bukan hanya anda tetapi semua team anda juga perlu mengerti dan memahami betul siapakah target market produk anda.

B. WHERE.
“WHERE” berarti dimanakah konsentrasi terbesar target market anda berkumpul. Contohnya : Asosiasi, Bank, perumahan, Gym, CafĂ© dan club, mall, tempat ibadah, gedung perkantoran. Tempat apa yang sering mereka kunjungi, majalah atau media apa saja yang sering mereka baca atau lihat. Dengan mengetahui hal ini maka anda dapat melakukan promosi pemasaran ke tempat atau media yang sering mereka gunakan.

C. WHAT.
“WHAT” berkaitan dengan hal utama apa yang dibutuhkan dan menarik bagi pelanggan anda. Apa yang menjadi komplain mereka saat ini dan apakah anda dapat mengatasi atau menawarkan solusi kepada mereka?. Jika anda dapat menawarkan sesuatu yang menarik buat mereka maka produk anda akan diminati oleh mereka.

D. WHY.
“WHY” berkaitan dengan pertanyaan : Mengapa calon pelangan anda harus memilih perusahaan dan produk anda?. Apa yang menjadi feature produk anda?, apa keuntungan menggunakan produk anda? dan apa benefit emosional yang dapat pelanggan anda peroleh jika menggunakan produk anda?.

E. HOW.
Setelah anda mengetahui dan menetapkan 4 hal diatas : WHO, WHERE, WHAT dan WHY, maka anda saat ini tinggal menemukan bagaimana anda mengkomunikasikan tentang produk anda ke tempat atau media yang digunakan oleh target market anda. Media apa saja yang anda gunakan, misal : brosur, CD, DVD, multimedia, standing barner, billboard, neon sign, booklet, social media, internet, pameran, seminar, door to door sales dan lain sebagainya.

Dengan menerapkan hal hal diatas secara tepat dan konsisten maka promosi pemasaran akan mendatangkan hasil untuk perusahaan anda. (Galeriukm).

Sumber:
http://www.antaranews.com/berita/1292520984/hal-yang-harus-diingat-agar-promosi-berhasil
http://galeriukm.web.id/artikel-usaha/tips-mengoptimalkan-promosi-usaha
.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Academics Blogs Academics Top Blogs blogarama - the blog directory Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits! Media Promosi

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP