Membuat Rencana Pemasaran

Saturday, September 10, 2011

Rencana Pemasaran adalah ibarat sebuah peta jalan. rencana pemasaran Anda menguraikan tindakan spesifik yang akan Anda ambil untuk pasar produk atau layanan pelanggan potensial. Tindakan ini bekerja untuk mengajak para pelanggan potensial untuk membeli produk atau jasa yang anda miliki.

Membuat rencana pemasaran tidak perlu panjang dan tidak perlu biaya banyak untuk menyelesaikannya. Rencana Pemasaran dapat menjadi bagian dari rencana bisnis Anda secara keseluruhan . Jika Anda menganggapnya sebagai “peta jalan” Anda yang akan memberikan petunjuk rinci tentang cara untuk mencapai tujuan pemasaran Anda.

Dalam membuat rencana pemasaran sangat penting untuk melakukan penelitian sebelum memutuskan rencana pemasaran yang akan dilaksanakan. Sebuah rencana pemasaran yang menyeluruh dan detail tenntang apa yang ingin Anda capai akan membantu dalam mencapai tujuan Anda.

Sebuah rencana pemasaran akan mencapai tujuan sebagai berikut:
* Memungkinkan perusahaan untuk melihat secara internal dalam rangka untuk memahami dampak dan hasil keputusan pemasaran masa lalu.
* Melengkapi perusahaan untuk melihat eksternal dalam rangka untuk memahami pasar bahwa target dan kompetisi di ruang tersebut.
* Menetapkan tujuan masa depan dan memberikan arahan untuk inisiatif pemasaran mendatang.

Cakupan yang ada pada Rencana Pemasaran

1. Ringkasan dan Pendahuluan
Ringkasan dan pengenalan adalah gambaran singkat dari pokok-pokok rencana. Ini harus menjadi sinopsis dari apa yang Anda lakukan, apa yang Anda rencanakan untuk lakukan, dan bagaimana Anda akan ke sana.

2. Tujuan Pemasaran
Bagian ini akan mendefinisikan tujuan pemasaran Anda. Tujuan ini harus didasarkan pada pemahaman Anda kekuatan dan kelemahan, dan lingkungan bisnis di mana Anda beroperasi masuk Mereka juga harus dikaitkan dengan strategi bisnis Anda secara keseluruhan. Ini tidak biasa dan sering bermanfaat untuk fokus pada segmen sasaran spesifik yang Anda akan pemasaran.

3. Analisis Situasi
rincian analisis situasi Anda konteks untuk upaya pemasaran Anda. Dalam bagian ini anda akan melihat dari dekat faktor internal dan eksternal yang akan mempengaruhi strategi pemasaran Anda, ini disebut analisis SWOT. Analisis SWOT menggabungkan analisis eksternal dan internal untuk meringkas Anda Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman.

4.Target Pasar
Konsep pasar target adalah salah satu yang paling dasar, namun aspek yang paling penting dari pemasaran. Tidak ada hal seperti “satu pesan” cocok untuk semua pesan pemasaran. Tidak realistis untuk berpikir bahwa Anda dapat menarik semua orang. Menentukan target pasar atau segmentasi pasar Anda membantu Anda menentukan tempat untuk mengikat sumber daya dan apa jenis metode promosi dan pesan untuk digunakan.

5.Strategi
Strategi adalah langkah-langkah tindakan yang detail bagaimana variabel pemasaran produk, tempat harga, dan promosi digunakan untuk mencapai tujuan rencana dan strategi pemasaran secara keseluruhan.

6.Pelacakan dan Evaluasi
Bagian dari rencana Anda harus mencakup rencana dan prosedur untuk menelusuri setiap jenis kegiatan pemasaran yang Anda gunakan. Pelacakan membantu memantau efektivitas setiap kegiatan pemasaran dan terutama membantu dengan evaluasi program secara keseluruhan. Jika Anda tidak melacak Anda tidak pemasaran.(Galeriukm).

Sumber : http://galeriukm.web.id/artikel-usaha/membuat-rencana-pemasaran
.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP