Mengitung Besarnya Segmen Pasar

Friday, September 30, 2011

Segmen pasar yang tepat sangat penting agar usaha Anda bisa mencapai volume penjualan yang cukup besar dan memperoleh keuntungan, sehingga usaha Anda bisa bertahan dan maju. ‘Segmen yang tepat’ artinya segmen pasar itu bisa diukur secara kuantitas, mampu menghasilkan volume penjualan yang Anda targetkan, terjangkau oleh metode distribusi, serta sensitif terhadap program-program pemasaran yang Anda lakukan.

Untuk tahu seberapa besar segmen pasar yang bisa diraih, bisa dimulai dulu dari menghitung seberapa besar pasar keseluruhan yang ada. Sebab pasar yang bisa Anda garap pastilah hanya bagian kecil saja dari pasar keseluruhan ini. Ukuran segmen pasar Anda bisa ditelisik dengan menghitung:

Besar pasar keseluruhan
Besar pasar yang tertarik dengan produk Anda
Besar pasar yang tersedia untuk distribusi produk Anda
Besar pasar yang sudah membeli produk kompetitor Anda
Besar pasar yang bisa dilayani oleh usaha Anda
Besar pasar yang bisa Anda raih melalui iklan dan distribusi.

Sebagai contoh, besar pasar keseluruhan untuk produk filter pemurni air adalah 100 persen penduduk dunia, atau sekitar 5 miliar manusia. Sebab pada dasarnya setiap orang butuh air yang layak minum. Namun pasar yang tertarik produk filter air mungkin sekitar 3 miliar manusia, dan pasar yang terjangkau distribusi produk mungkin 2 miliar manusia. Namun ukuran pasar yang selama ini membeli produk filter air mungkin di bawah 700 juta orang.

Asumsikan Anda berencana menjual alat pemurni air ini di Indonesia, dan ditujukan kepada industri outdoor camping. Pasar yang bisa Anda layani mungkin hanya sekitar 1 juta konsumen potensial. Dari jumlah ini, Anda mungkin mampu menjangkau 50% saja dari para penyuka kemping yang tertarik membeli produk Anda.

Asumsikan Anda mampu membayar iklan ukuran sedang di 3 majalah nasional, di mana sekitar 50% atau 250 ribu calon konsumen jadi tahu produk Anda dan tertarik untuk membeli. Jika hanya 1 dari 4 orang yang tahu dan tertarik ini akhirya membeli, maka Anda punya potensi penjualan sebesar 62.500 unit filter air setiap tahun. Cukup lumayan, pikir Anda. Namun jika pembelian ulang alat itu 5 tahun sekali, Anda akan perlu mencari sebuah segmen baru yang bisa menghasilkan 62.500 pembeli setiap tahun, sekurangnya untuk 5 tahun ke depan, ketika grup pertama memulai lagi siklus pembeliannya.

Mencari segmen baru ini lebih sulit dibanding ketika mencari grup pertama, tapi bukan berarti mustahil. Di sinilah inovasi dan kreativitas Anda ditantang. Mungkin, Anda perlu memperluas jalur distribusi, meningkatkan iklan, atau mencari pasar yang belum terlayani, di luar Indonesia misalnya. Atau bisa juga mengembangkan jenis-jenis filter baru yang lebih sesuai untuk segmen khusus, misalnya filter air untuk tanah berkapur, untuk rumah sakit, hotel, kafe, dan sebagainya.(Galeriukm)

Sumber:
Wanita Wirausaha Femina
http://galeriukm.web.id/strategi-pemasaran/mengitung-besarnya-segmen-pasar
.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Academics Blogs Academics Top Blogs blogarama - the blog directory Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits! Media Promosi

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP