Mengukur Efektifitas Iklan Televisi
Saturday, May 21, 2011
Pertanyaan:
Saya ingin mengetahui tentang upaya untuk mengukur efektivitas media iklan lewat baliho dan sebagainya. Yang saya ingin tanyakan bagaimana cara mengukur efektivitas sebuah iklan pada televisi, dengan tahap Attention, Interest, Desire, Action? apakah ada persentase yang baku untuk dijadikan tolak ukur bahwa iklan itu efektif? (missal 60 persen lebih dikatakan efektif dsb)? apakah dari segi Action bagaimana efektivitas iklan diukur? Mohon pencerahan.
Terima kasih -Taufik
Jawaban:
Pada dasarnya, interpretasi atas pengukuran efektivitas iklan melalui respons konsumen sangat dinamis.
Apa yang didefinisikan sebagai "tingkat efektivitas" tidak hanya tergantung dari besarnya angka frekuensi yang didapatkan (misalnya 60 persen seperti ilustrasi pada email Anda tadi) melainkan juga dari jenis produknya dan obyektif pemasaran.
Misalnya, untuk produk spesifik seperti produk IT (server misalnya) atau mobil, respons action sebesar 40 persen bisa dapat dikatakan efektif. Tetapi untuk produk consumer goods bisa jadi untuk dikategorikan efektif paling tidak harus mencapai 70 persen.
Kemudian dari sisi obyektif marketing, untuk produk dalam level maintaining dan dalam level launching tentu interpretasi efektivitasnya akan berbeda bukan. Untuk produk yang melakukan maintaining brand bisa saja tingkat attention 50 persen terhadap iklan sudah cukup karena brandnya sudah dikenal. Tetapi untuk produk dalam taraf launching, tentu tingkat responsnya harus lebih dari 50 persen untuk bisa efektif.
Tetapi ada solusi ringkas untuk melakukan interpretasi efektivitas, yaitu kita dapat membandingkan langsung antara respons konsumen terhadap produk kita dengan produk kompetitor dengan membuat indeks dalam pengukuran efektivitas. Jadi dari indeks tersebut dapat diketahui, apakah respons terhadap produk kita lebih baik atau lebih jelek daripada kompetitor.
Sementara tanggapan itu yang dapat kami sampaikan. Mudah-mudahan diskusi ini bermanfaat bagi kita semua.
Sumber : http://bmicg.multiply.com/
.
0 comments:
Post a Comment