Iklan komersial (Jujur atau Bohong)

Saturday, May 14, 2011

Ngomongi soal iklan lagi, seperti kita ketahui iklan adalah salah satu alat promosi suatu perusahaan dalam mengenalkan atau untuk menguatkan/menanamkan merek suatu produk dibenak konsumen (brand image). Ada tiga jenis iklan yang beredar selama ini, yaitu Comercial Advertising,Corporate Advertising, dan Public Service Advertising.

Jenis iklan yang paling umum adalah Comercial Advertising atau Iklan komersial dimana iklan ini bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa. Di setiap media kita pasti akan selalu melihat jenis iklan yang satu ini, mulai berbagai macam produk dan jasa. Yang menjadi ciri utamanya adalah bentuk atau tampilan dan isi dari iklan ini, dimana biasanya dipenuhi kata-kata hiperbolis, manis dan kreatif atau disertai gambar yang mudah menarik perhatian atau disajikan dengan model cerita singkat dan sebagainya.

Sesuai dengan tujuannya, iklan tersebut biasanya akan selalu menampilkan sisi positif atau kelebihan suatu produk dan bahkan jika perlu melebih-melebihkan dan menunjukkan jika produk itu adalah yang paling bagus (murah, berkualitas, mudah didapatkan, etc) dibanding produk pesaingnya. Sehingga apapun dilakukan untuk membuat konsumen "percaya" dengan iklan tersebut.

Masalahnya akibat iklan-iklan seperti inilah kita sebagai konsumen sering menjadi korban terutama dalam hal "kepuasan". Karena apa yang dijanjikan atau di iklankan sering tidak sesuai dengan kenyataan. Memang dalam dunia marketing praktek iklan seperti itu adalah hal yang wajar. Tapi mereka tidak memikirkan atau bahkan tidak peduli terhadap apa yang dirasakan konsumen.

Contohnya iklan tentang internet murah dan unlimited, ada yang gratis xx MB perhari, hanya xxx/hari, atau xx.xxx/bulan, etc. Dari perhitungan kasar terlihat jika memang murah dan memberikan kepuasan pada kita dalam memakai layanan internet tanpa harus kuatir akan kehabisan pulsa dan sebagainya. Tapi kenyataannya bagaimana? sungguh sangat tidak memuaskan dalam hal "kualitas" hingga membuat kita sebagai konsumen mengeluarkan sumpah serapah tujuh turunan hehehe.

Mungkin ada yang memberikan alasan "yah namanya juga murah tentu kualitasnya juga apa adanya" :). Memang ada benarnya juga walaupun kadang yang mahalpun sering tidak memuaskan hehehe. Tapi sebenarnya kalau kita jeli melihat suatu iklan, para produsen tidak sepenuhnya salah :). Contoh misalnya internet unlimited hanya xx.xxx/bulan, disitu bisa kita lihat tidak ada penjelasan tentang "kualitas" jaringannya :). Yang ditonjolkan hanya "biaya", "waktu", dan "unlimited atau tidak terbatas".

Artinya kalau dikatakan iklan itu banyak bohongnya tidak juga :). Karena apa yang mereka tampilkan hanya "nilai lebihnya" saja so sebagai konsumen kita harus bisa "terpaksa legowo" jika apa yang diiklankan sering tidak memuaskan kita sekaligus jadi lebih jeli dalam membeli suatu produk atau layanan berdasarkan iklan yang mereka sajikan :).

Jadi yang salah siapa? nah kalau bicara soal salah dan benar semua kembali ke kita sebagai konsumen, karena parameter salah dan benar dalam menilai suatu iklan berdasarkan apa yang kita lihat dan rasakan. Dan ukuran kepuasan kita terhadap suatu produk akan berbeda berdasarkan apa yang kita rasakan (persepsi) dengan apa yang kita harapkan (harapan). Semoga bermanfaat.
.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Academics Blogs Academics Top Blogs blogarama - the blog directory Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits! Media Promosi

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP