Mengapa Niche Market Begitu Penting Dan Bagaimana Cara Mudah Membuat Artikel Yang Sesuai Dengannya?

Tuesday, April 5, 2011

Bagi seorang marketer baik itu offline maupun online tentu tidak asing dengan yang namanya niche market atau ceruk pasar. Namun apa sih sebenarnya definisi Niche?

Menurut kamus Oxford: niche berarti “a specialized but profitable corner of the market” atau dengan kata lain adalah segmen pasar yang sangat spesifik tapi menguntungkan. Di era digital seperti ini, tentu bukan hal yang sulit bagi anda untuk memperoleh berbagai informasi bahkan yang gratis sekalipun seperti dari internet, TV, radio atau media lain. Namun saya berani menjamin semua informasi yang anda terima melalui berbagai media tersebut tidak semuanya sesuai dengan kebutuhan anda? Bahkan kadang-kadang, anda perlu berjam-jam sampai berhari-hari mencari informasi yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan anda pada saat itu.

Sampai saat ini, mungkin sudah tak terhitung berapa banyak blog atau situs yang anda kunjungi untuk membangun blog anda. Namun dari semua itu sudahkah sesuai dengan kebutuhan anda?

Oleh karena itu, ada beberapa alasan mengapa anda harus mengarahkan blog anda sesuai dengan niche market adalah:

1. Bahwa pengunjung saat ini memiliki kecenderungan untuk mencari informasi dari seorang professional dibidangnya karena dapat memberikan informasi secara komprehensif dan tuntas. Dalam dunia offline, hal tersebut sudah terbukti kebenarannya. Saat ini banyak sekali bermunculan toko-toko yang menjual produk specific yang tidak anda jumpai di Mall atau supermarket besar.

2. Akan memudahkan anda mempelajari dan kemudian memberikan informasi berkualitas dan mendetail kepada pasar anda. Sebagai gambaran, layaknya seorang dokter, secara umum saya lebih mendengarkan seorang dokter spesialis daripada dokter umum.

3. Memudahkan pengunjung dalam memilih informasi yang sesuai dengan kebutuhannya. Seperti, jika pengunjung butuh informasi untuk meng hack templatenya menjadi 3 kolom, pastinya ia mencari blog yang membahas tentang tutorial blogspot.

Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara yang efektif untuk melakukannya?

Tidak disangkal lagi bahwa membuat artikel yang berkualitas yang sesuai dengan target pasar akan lebih banyak memakan waktu, tenaga dan pikiran. Namun jika anda melakukannya, anda telah membangun pondasi yang kokoh untuk meningkatkan trafik dan pengunjung setia anda di masa yang akan datang (jangka panjang).

Postingan berkala dan berkualitas yang anda suguhkan secara konsisten akan sangat menentukan hasil akhir dan kelangsungan hidup blog. Dan yang paling penting adalah potensi keuntungan jangka panjang dari blog khusus anda baik dari sisi bisnis maupun popularitas.

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat anda terapkan untuk niche anda:

1. Apabila anda sedang malas.
Yaitu memposting artikel dengan cara menyimpulkan, menarik benang merah dan selanjutnya menambahkan opini pribadi yang sesuai dengan topik anda. Hal itu bisa anda terapkan pada: a. berita singkat (breaking news). b. artikel-artikel social bookmarking, dll. Caranya: Ketik aja kata kuncinya, kemudian anda akan dapat memilih beberapa artikel yang bagus.

Satu sampai dua parangraf biasanya sudah cukup.

2. Mendaur ulang artikel sendiri yang berkualitas.
Anda dapat mendaur ulang artikel sendiri dengan cara memposting artikel sederhana yang akan mencantumkan link artikel yang anda anggap berkualitas, paling tidak sebulan atau dua bulan sekali.

3. Linkbait post
Satu artikel yang original dan berkualitas (comprehensive dan mendetail) yang anda perkirakan akan banyak mendapatkan link dan trafik dari situs lain. Untuk membuatnya, anda harus mau berkorban waktu dan pikiran karena biasanya tidak cukup satu atau dua jam saja, sangat tergantung pada kemampuan dan pengalaman anda. Anda bisa mencari topik yang banyak dibicarakan di forum-forum atau juga social bookmarking.

Idealnya anda buat artikel seperti ini 7-10 hari sekali.

4. Artikel opini
Artikel seperti ini biasanya cara yang termudah karena anda tidak memerlukan riset online. Dengan menggambarkan pengalaman pribadi, para pembaca akan merasa dan menilai bahwa anda tahu dan mengerti banyak tentang topik tersebut. Ini sangat penting untuk menjaga loyalitas pengunjung anda. Cari topic tertentu dan ungkapkan pengalaman anda atau opini anda mengenai hal itu. Hanya sedikit kerja namun hasilnya luar biasa.

Kesimpulan:
Dalam berbisnis online, sebaiknya anda tidak membidik seluruh pasar layaknya mall atau supermarket yang menjual apa saja. Mengapa? karena disamping membingungkan pengunjung anda hal tersebut akan menguras waktu, tenaga dan pikiran anda. Fokuskan saja pada satu segmen yang benar-benar anda kuasai dan kerjakan. Semakin tertarget, maka akan semakin mudah anda mengelolanya.

Sumber : http://zam-sy.blogspot.com/2009/01/mengapa-niche-market-begitu-penting-dan.html
.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Academics Blogs Academics Top Blogs blogarama - the blog directory Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits! Media Promosi

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP