Membangun Bisnis Berdasarkan Niche Market

Tuesday, April 26, 2011

Beberapa keuntungan ketika Anda membangun bisnis online dengan fokus pada sebuah niche market. diantaranya :

1. Niche marketing merupakan salah satu cara beriklan yang sangat efektif karena terfokus pada kelompok target yang spesifik. Iklan untuk niche market lebih tertarget, lebih efektif dan efisien daripada iklan yang sifatnya umum atau terlalu luas.

2. Jika memilih niche market, kompetisi akan berkurang sehingga lebih mudah untuk memasarkan produk tersebut terutama jika menggunakan media iklan. Meraih ranking yang tinggi di mesin pencari juga akan lebih mudah. Keunikan adalah salah satu faktor yang membuat mesin pencari mengunjungi situs kita. Jika kita beruntung kita bisa menjadi satu-satunya penjual untuk niche marlket tersebut meskipun emungkinannya kecil.

3. Lebih mudah dan lebih murah untuk menjangkau konsumen yang dibidik. Ini karena niche market mempunyai target yang spesifik, tidak terlalu luas. Sehingga kita bisa fokus dengan lebih baik dalam menjalankan bisnis tersebut. Dari sisi biaya iklan juga akan lebih murah karena pengunjung sudah tertarget dan tidak meluas kemana-mana. Iklan untuk niche market yang tertarget tidak membuang-buang biaya untuk pengunjung yang tidak membutuhkan produk kita. Hanya yang mencari produk yang kita tawarkan yang kan mengklik iklan yang kita pasang.

4. Niche market memenuhi kebutuhan pelanggan yang unik.
Dengan mengetahui masalah dan kebutuhan pelanggan yang unik, kita bisa menawarkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dan karena yang ditawarkan itu yang dicari atau yang dibutuhkan, maka demandnya bisa tinggi.

5. Niche market memungkinkan untuk menciptakan produk yang unik dan menguntungkan. Jika kita tahu target pasar kita, kebutuhan dan masalah mereka, maka kita sudah memenangkan satu langkah. Karena makin banyak kita mengenal prospek, makin bagus peluang kita untuk menawarkan sesuatu yang mereka butuhkan. Jika produk yang kita tawarkan itu unik, maka akan lebih menguntungkan karena tidak ada atau sedikit saingan. Dan keunikan adalah salah satu keuntungan dari niche marketing. Kita bisa menguasai pasar tertentu untuk produk tertentu dengan profit yang tinggi

6. Memilih niche market berarti membangun merek bisnis yang unik
Jika kita menawarkan produk yang unik pada pelanggan, maka secara otomatis kita sedang membangun merek bisnis yang unik. Dan jika kita bisa menjadi yang pertama menjual produk unik tersebut, maka orang akan mengingatnya lebih lama bahkan bisa jadi selamanya seperti yang terjadi pada kasus air mineral bermerek ‘Aqua’. Sampai sekarang tiap orang menyebut ‘air mineral’ selalu cenderung Aqua yang diucapkan. Padahal merek air mineral yang ada di pasaran ada berbagai macam. Tapi orang-orang tetap ingat Aqua sebagai produk pertama dan mereka memakai nama tersebut untuk menyebut air mineral.

7. Memilih niche market membuat kita terkenal sebagai ahli di bidang tersebut.
Dengan fokus memilih niche market akan membuat kita berusaha mempelajari atau menggali informasi sebanyak mungkin mengenai produk yang kita tawarkan agar kita bisa menjawab atau melayani pelanggan dengan sebaik mungkin. Lama kelamaan secara otomatis kita akan menjadi ‘expert’ atau ahli di bidang yang ada dalam niche market tersebut.tersebut. Begitu pelanggan mengetahui bahwa kita ahli di bidang yang kita geluti mereka akan percaya dan dengan mudah akan mereferensikannya ke orang lain.

8. Jumlah niche market tidak terbatas. Bisa ratusan bahkan ribuan. Jadi kita sebenarnya mempunyai banyak peluang untuk berburu niche yang lain begitu berhasil dengan satu niche. Keuntungan akan lebih berlipat ganda jika mengembangkan lebih dari satu niche. Asal tidak dikerjakan dalam waktu yang bersamaan karena akan memecah fokus sehingga hasilnya tidak maksimal.

Jadi begitu banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan menjalankan bisnis berbasis niche market daripada bisnis umum yang terlalu luas dan tidak spesifik. Karena itu saat ini banyak orang berlomba-lomba mulai menggeluti bisnis jenis ini karena keuntungan yang diperoleh bisa sangat besar. Jangan pernah berhenti mencoba dan berusaha jika ingin berhasil.

Sumber : http://kayadaribisnisinternet.com/keuntungan-memilih-niche-market/
.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Academics Blogs Academics Top Blogs blogarama - the blog directory Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits! Media Promosi

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP