Empat Konsep Dasar Pengembangan Niche Market

Thursday, December 30, 2010

Niche market atau sering kita terjemahkan dengan pasar niche ini merupakan salah satu bentuk pasar market online yang di peruntukkan untuk produk yang spesifik dengan konsumen yang spesifik termasuk di dalamnya jangkauan harga, kualitas produk, dan demografik yang di harapkan. Tapi jika anda sudah lama berkecimpung di dalam bisnis online tentu tidak akan asing dengan istilah niche market ini.

Sebenarnya niche market ini merupakan sebuah market yang diperuntukkan untuk kalangan bisnis kelas menengah tapi tidak menutup kemungkinan digunakan kalangan bisnis kelas atas, Niche market ini menawarkan program afiliasi yang sama dengan program-program lainnya. Keuntungan dari niche market ini, semata hanya dikarenakan niche market ini hanya diperuntukkan untuk kalangan yang spesifik dan konsumen yang spesifik maka tingkat persaingan untuk niche market ini cukup rendah, sehingga upaya untuk menaikkan penjualan dapat dilakukan.

Bagaimana cara untuk memulai bisnis niche market ini, apakah ada yang kita perlukan atau konsep dasarnya. Ada 4 konsep dasar dalam mengembangkan niche market ini :

1. Jika anda ingin memulai bisnis niche market ini maka anda harus memikirkan sebuah produk atau jasa yang unik, intinya hanya anda yang menawarkan produk atau jasa anda ini, jika anda pusing mungkin tips di bawah ini dapat menentukan ide atau membantu menemukan ide yang dapat anda gunakan :
- Temukan skill anda untuk dapat dijadikan sebuah ide untuk bisnis. Hal ini penting jika anda ingin benar-benar terjun ke bisnis niche market ini. Karena yang dijual haruslah merupakan hasil dari pekerjaan anda sendiri, bertanyalah pada diri anda sendiri apa yang bisa saya lakukan ?
apa yang telah saya perbuat ?
apakah orang lain ingin membayar apa yang saya tawarkan baik produk maupun jasa ?.
- Selalu terupdate dengan peristiwa terkini dan bersiap-siaplah untuk mengambil keuntungan di dalamnya.
- Buatlah sebuah penemuan dari sebuah produk dan service, jika produk ini sudah terjual maka andalah yang akan menjadi brand image bagi produk atau service yang anda tawarkan, hal ini akan membuat penjualan atau bisnis anda kan berjalan begitu cepatnya,
- Tambahkan nilai dari produk yang ada, atau anda bisa menambahkan produk atau service lain yang didampingkan dengan produk anda, hal ini akan dapat menarik minat dari konsumen, dan biasanya konsumen tertarik dengan produk yang menambahkan produk lain di dalam penjualannya.
- Lakukan penginvestigasian dengan pasar lainnya, hal ini akan dapat menambah variasi ide anda untuk menjual produk barang dan service yang anda tawarkan dimana dalam niche market ini sangat di butuhkan, janganlah terlalu puas berada dalam dunia anda tapi pergilah keluar untuk mengetahui apa yang terjadi dan bersiap-siaplah mengambil keuntungan di dalamnya.
- Tingkatkan pelayanan anda di dalam produk atau service yang sudah tersedia.
- Get on Bandwagon ikuti trend yang ada pada saat ini. hal penting sekali jika anda ingin menambah perbendaharaan ide yang dapat di gunakan dalam niche market ini.

2. Carilah market atau segment di mana anda dapat menjual produk atau service anda, hal ini bukan berarti kemungkinan kecil produk anda tidak laku tetapi dikarenakan konsumen dari niche market ini sangat spesifik sehingga mereka pun terkadang tidak terdeteksi sama sekali.
anda bisa melakukannya dengan cara melakukan sebuah riset terhadap pangsa pasar ini.

3. Pilihlah niche market yang tersedia, penting untuk melakukan hal ini jika bisa hanya anda lah yang menggunakan bisnis ini. di sinilah kunci dari keberhasilan niche market.

4. Promosi, promosi, promosi, tidak dipungkiri jika keberhasilan dari niche market ini bahkan dari seluruh bisnis ialah promosi. Janganlah berhenti melakukan promosi karena hal ini merupakan kunci dasar untuk keberhasilan bisnis niche market anda.
Niche market merupakan pasar yang potensial, tapi di karenakan ia berdasarkan keyword, maka anda pun harus berhati-hati dalam memilih keyword yang anda gunakan.

Berikut tips dan trik dalam mencari dan menentukan potensial dalam niche market :
* Selalu lakukan eksperimen dan riset untuk keyword atau niche dengan menggunakan aplikasi-aplikasi pencari keyword.
* Jangan memilih keyword yang general atau yang spesifik karena membuat pasar niche market anda kan mudah terbaca atau terlalu sulit di temukan.
* Ulangi prosesnya berulang-ulang hingga anda menemukan keyword yang cocok untuk Niche market anda.
Niche market merupakan sebuah program afiliasi, berbeda dengan program afiliasi lainnya, program ini lebih cenderung untuk konsumen yang spesifik dengan produk yang ditawarkan pun spesifik.
Niche market ini mempunyai tingkat persaingan yang bisa dibilang relatif rendah, tapi bukan berarti anda tidak akan mendapatkan profit yang sedikit juga. Yang paling penting di niche market ini adalah pemilihan keyword-nya jika anda kreatif dan menemukan keyword yang cocok untuk bisnis niche market anda maka bisnis anda pun akan berjalan dengan lancar.

Silahkan Anda dapatkan panduan yang lebih detil dan proven tentang apapun IDE, Hobi atau Keahlian yang Anda miliki, itu bisa mendatangkan UANG yang masuk ke rekening Anda terus menerus setiap hari.

Sumber : http://kayadaribisnisinternet.com/konsep-niche-market/
.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Academics Blogs Academics Top Blogs blogarama - the blog directory Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits! Media Promosi

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP