Beberapa Fungsi Iklan
Thursday, December 24, 2009
Menurut berbagai sumber, iklan memiliki beberapa fungsi yang dapat disimpulkan atau dijelaskan sebagai berikut :
1. Fungsi Pemasaran
Fungsi pemasaran pada iklan adalah fungsi iklan untuk menjual atau memberikan informasi tentang barang, jasa maupun gagasan kepada masyarakat melalui media sebagai upaya untuk :
- mengidentifikasi produk dan menjelaskan perbedaannya dengan produk lain,
- menganjurkan penggunaan produk baru yang diiklankan tersebut secara bertahap,
- menunjang penyebaran untuk meningkatkan penggunaan produk yang diiklankan,
- membangun rasa cinta dan dekat pada produk yang diiklankan untuk mengikat konsumen atau calon konsumen dalam jangka waktu yang lama.
2. Fungsi Komunikasi
Fungsi komunikasi pada iklan adalah fungsi iklan dalam upaya memberi penerangan dan informasi tentang produk yang diiklankan, memberi pesan yang berisi pendidikan, menciptakan pesan yang bersifat menghibur dan mempengaruhi khalayak untuk dekat dan selalu membeli dan memakai produk yang diiklankan secara tetap.
3. Fungsi Pendidikan
Fungsi pendidikan pada iklan adalah fungsi iklan untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar melalui iklan, masyarakat dapat belajar sesuatu dari yang dibaca, ditonton maupun didengarnya. Khalayak atau masyarakat dapat mengkonsumsi produk yang sesuai untuk merek tertentu dan merek tersebut dapat memperbaiki gaya hidup menjadi lebih baik.
4. Fungsi Ekonomi
Fungsi ekonomi pada iklan adalah fungsi iklan yang berorientasi pada keuntungan ekonomis. Keuntungan ekonomis yang diperoleh khalayak atau masyarakat melalui iklan adalah mereka lebih mudah mengakses produk yang dibutuhkan yang bisa menjadikan khalayak atau masyarakat lebih efisien dari segi biaya.
5. Fungsi Sosial
Fungsi sosial pada iklan adalah fungsi iklan yang bertujuan mempengaruhi perilaku khalayak atau masyarakat. Dalam fungsi sosial, iklan membantu menggerakkan perilaku khalayak untuk lebih baik..
0 comments:
Post a Comment