Marketing Mix : Konsep Dasar Pemasaran Modern
Saturday, July 7, 2012
Masih terkait tentang konsep mengenai marketing. Pada artikel ini, akan dibahas tentang marketing modern yang berkembang saat ini, yaitu Marketing Mix (bauran). Apa itu marketing mix? Bagaimana konsep dan cara kerjanya? Baiklah, mari kita bahas satu persatu.
Pengertian Marketing Mix
Agar lebih berbobot, akan dikutip pendapat William J. Stanton dalam bukunya yang berjudul Fundamental of Marketing.
“Marketing mix is the term that is used to described the combination of the four inputs that constitute the core of an organization’s marketing system. These four elements are the product offering, the price structure, the promotion activities, and the distribution system”.
Dari definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa marketing mix merupakan perpaduan dari empat unsur pokok dari sistem pemasaran. Unsur tersebut terdiri dari Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi) dan Place (tempat). Atau yang sering disebut dengan 4 P.
Konsep Marketing Mix
Untuk lebih mudah dalam memahami unsur-unsur marketing mix (4 P) adalah dengan membuat pertanyaan, misalkan :
Produk / Layanan
1. Apakah produk atau jasa yang diinginkan konsumen?
2. Apakah produk tersebut dapat memberi rasa puas terhadap konsumen?
3. Bagaimana dan di mana konsumen akan menggunakannya?
4. Bagaimana bentuk, ukuran, atau warna yang sesuai dengan keinginan konsumen?
5. Apa yang membedakan produk anda dengan produk milik pesaing anda?
Tempat
1. Di mana konsumen mencari produk atau jasa Anda? online? Atau langsung, melalui katalog?
2. Bagaimana anda mengakses dan mengorganisasi sistem distribusi yang tepat ?
3. Apakah Anda perlu menggunakan tenaga penjualan? Atau menghadiri pameran perdagangan? Atau memberikan masukan secara online? Atau kirimkan sampel untuk perusahaan katalog?
Harga
1. Berapa nilai dari produk atau jasa yang anda tawarkan kepada konsumen?
2. Apa diskon harus ditawarkan kepada konsumen, atau untuk segmen tertentu dari target pasar?
3. Bagaimana harga produk anda jika dibandingkan dengan produk pesaing?
Promosi
1. Kapan dan dimana anda mulai melakukan penawaran atau promosi ?
2. Media apa yang akan anda gunakan untuk melakukan promosi ?
3. Bagaimana pesaing Anda melakukan promosi mereka?
Konsep 4P hanyalah salah satu dari daftar bauran pemasaran (marketing mix) yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun. Sebenarnya daftar pertanyaan yang dibuat diatas adalah kunci bagaimana kita bisa memahami tentang riset pasar, perencanaan, serta tingkah laku pesaing.
Di antara model pemasaran lainnya adalah 4C Lauterborn, yang menyajikan unsur-unsur dari bauran pemasaran dari perspektif pembeli. Unsur 4 C ini terdiri dari Customer needs and wants (kebutuhan dan keinginan
konsumen atau setara dengan produk), Cost (harga), Convenience (tempat) dan Communication (promosi).
Baiklah, saya tidak akan berbicara panjang lebar mengenai marketing mix. Saya akan langsung mengambil kesimpulan dari konsep marketing mix. Konsep dasar marketing mix baik 4 P ataupun 4 C adalah sama, yakni dapat membantu melakukan analisa, perencanaan dan riset pasar serta tingkah laku pesaing, untuk mengoptimalkan dampak dengan target pasar anda. Sehingga promosi anda dapat mencapai target kesuksesan.
Sumber : http://konsultanseojakarta.com/
0 comments:
Post a Comment