Mengenal Metode Promosi dan Penjualan dalam Pemasaran Internet
Friday, May 11, 2012
Semenjak Dell Computer dan Amazone.com sukses dalam menjual produknya secara online, peta perkembangan pasar internet secara perlahan mulai meningkat. Kehadiran berbagai fasilitas penjualan online pun ikut mempengaruhi lahirnya bisnis domain dan hosting. Juga, lahirnya situs jejaring sosial menambah daftar ramainya kegiatan transaksi jual beli tanpa tatap muka.
Perkembangan pasar di dunia online menambah daftar ilmu yang disebut pemasaran online (internet marketing). Dari namanya saja sudah jelas bahwa pemasaran online akan melakukan kegiatan-kegiatan pemasaran secara online. Atau, banyak juga yang menyebutkan sebagai e-Commerce (baca : perdagangan elektronik).
Nampaknya, bukan hanya melahirkan ilmu multi disiplin saja pada pemasaran online ini, melainkan juga melahirkan profesi khusus yang bekerja untuk menjalankan program pemasaran tersebut. Memang, sebagian besar pengguna internet yang melakukan pemasaran online adalah para pelaku usaha personal yang mencari rezeki di dunia virtual. Namun, perusahaan besar pun tidak mau ketinggalan. Para pemasarnya merekrut khusus orang-orang yang harus bekerja menjadi profesi pemasaran secara online.
Contohnya saya sendiri. Saya pun akhirnya direkrut oleh sebuah penerbit Islam untuk mengelola pemasarannya secara online. Meskipun saya juga lulusan S1 pemasaran, namun yang saya jual di sini bukan Ijazah tapi kemampuan dan pengalaman saya yang pernah terjun dalam dunia pemasaran online melaui bisnis kecil-kecilan ketika masih kuliah.
Dari pengalaman itulah akhirnya saya banyak mendapat pelajaran tentang cara-cara melakukan pemasaran internet. Berikut saya jelaskan metode apa saja yang sering digunakan para marketer internat dalam menjalankan promosi dan penjualan onlinenya.
Memiliki web toko online
Modal primer yang mesti (tidak harus) para pelaku pemasar online untuk mendisplay produk-produk yang ingin dijualnya secara online adalah dengan memiliki website toko online. Web ini sangat berguna untuk menampilkan produk-produknya berupa visualisasi dan keterangan produk yang persuasif. Apalagi web kita memiliki fasilitas transaksi produk dari pembelian hingga pembayaran tanpa harus melakukan komunikasi (baik sms atau telepon) diluar web tersebut. Dengan adanya web toko online dapat memudahkan konsumen untuk mengenal produk kita dan membelinya.
Yang menjadi masalah jika kita ingin menjual produk secara online namun tidak bisa membuat web atau tidak ada dana untuk membeli dan memiliki web tersebut, maka alternetif yag dipilih adalah menggunakan blog yang sudah banyak tersedia secara gratisan. Bedanya ketika harus menggunakan blog saat terjadi transaksi harus melibatkan alat komunikasi pembantu seperti sms, telepon dan email. Karena, tidak banyak blog-blog yang familiar menyediakan fasilitas transaksi pembelian online.
Web penyedia layanan display produk
Seperti yang saya katakan di atas, untuk mendisplay produk yang ingin kita jual secara online tidak harus dengan adanya web toko online. Selain blog banyak juga fasilitas yang menyediakan layanan tersebut secara gratis. Contohnya Ebay. Ebay termasuk layanan yang sudah cukup terkenal di masyarakat online internasional untuk menjualkan produk-produk mereka. Ebay pun kini telah menyediakan layanan pembayaran online yang bernama Pay Pal.
Di Indonesia pun layanan seperti ini juga sudah banyak menjamur. Toko bagus adalah salah satu penyedia layanan display produk yang disediakan secara gratis. Namun nampaknya, untuk urusan jual beli online di Indonesia banyak orang yang lebih memanfaatkan forum komunitas Kaskus untuk mendisplay produknya. Sebab, selain ramai dikunjungi, sudah menjadi tren sendiri dikalangan netter terhadap hadirnya FJB Kaskus sebagai pasar online yang cukup ramai. Pengalaman saya sendiri, ketika menjual produk di kaskus lebih cepat direspon dari pada mendisplay di layanan yang lain.
Iklan Banner
Kalau di atas tadi penjelasan tentang fasilitas display produk dan jual beli, maka iklan banner merupakan sarana promosi layaknya iklan-iklan kovensional yang diletakkan di tempat-tempat yang banyak pengunjungnya. Iklan banner biasa kita lihat pada situs-situs portal berita. Biasanya di desain dengan cukup menarik. Tambahan animasi pun juga dilakukan untuk memperindah tampilan.
Tujuan iklan banner adalah untuk mengetahui informasi keberadaan produk kita. Fasilitas ini hanya berupa informasi dan biasanya kita harus meng-klik banner tersebut agar masuk ke halaman web yang sedang dipromokan oleh banner tersebut.
Sayangnya, fasilitas iklan banner ini tidak murah. Kita harus membayar mahal. Semakin ramai dan terkenal web yang menyediakan iklan banner semakin mahal juga harganya. Selain itu, kita juga harus mempunyai keahlian untuk mendesainnya. Jika tidak, maka kita harus membayar orang lain untuk mengerjakannya. Makanya, kebanyakan yang melakukan promosi melalui iklan banner adalah perusahaan-perushaan besar yang pasti memiliki modal besar pula.
Iklan klik (teks)
Iklan klik yang sangat familiar saat ini adalah google adsens. Ketika mendengar google adsens kita akan mengingat sebuah iklan teks yang dapat dipasang di web atau blog kita. Jika ada orang yang mengklik iklan tersebut di web atau blog kita maka kita akan mendapat uang dari google. Itulah fasilitas google dalam menjalankan jaringan bisnis iklan teksnya.
Banyaknya minat pemilik web dan blog untuk memasang google adsens, menambah nilai jual bisnis iklan google ke para pelaku bisnis yang ingin menggunakan layanan iklan teks google tersebut. Maka, program google adword menjadi salah satu sarana internet marketing untuk mempromosikan usaha mereka. Dengan kata lain, google adword adalah sarana untuk memasang iklan teksnya ke google yang akan disebar sesuai kata kunci ke layanan google adsens.
Tidak hanya tersebar pada blog dan web yang menggunakan google adsens, google adword juga akan menyebar iklan teks tersebut ke halaman hasil pencarian. Contohnya, jika Anda mengetik kata kunci ‘bisnis online’ di mesin pencari google, maka ketika muncul halaman hasil pencarian akan nampak iklan teks yang berada di posisi atas dan samping kanan. Jika Anda klik akan berpindah ke halaman pemilik iklan tersebut.
Untuk biaya, fasilitas yang google sediakan bagi pengguna adword juga terhitung tidak merugikan. Pengguna hanya membayar jika iklan tersebut di klik orang. Semakin banyak yang men-klik semakin murah juga harga per-kliknya. Namun, ketika mendaftar di google adword harus memiliki kartu kredit dan deposit uang sebanyak US $ 5.
Tidak hanya iklan teks google saja, di Indonesia pun juga banyak penyedia layanan iklan klik ini. Diantaranya seperti adsenscamp, klik saya, dsb. Untuk mengetahui penggunaannyanya silahkan cari sendiri. Yang pasti dari setiap penyedia jasa iklan mempunya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Memanfaatkan Jejaring sosial
Kemunculan era web 2.0 melahirkan bertaburannya situs web jejaring sosial. Semua orang bisa saling berkomunikasi dua arah dan mengekspresikan dirinya di area publik maya ini. Namun, bagi sebagian kalangan yang bekerja sebagai marketing atau pebisnis, pasti memanfaatkan sarana ini untuk mempromosikan produknya. Di Indonesia, twitter dan Facebook menjadi jejaring sosial yang cukup banyak digunakan. Para pemasar pun ramai-ramain memanfaatkan kedua fasilitas ini untuk kegiatan komunikasinya, baik membangun brand maupun citra perusahaan.
Dan yang paling sering dimanfaatkan dengan adanya situs jejaring sosial ini adalah membentuk komunitas. Kehadiran komunitas-komunitas tersebut akan semakin mempermudahkan membentuk jaringan pemasaran yag efektif dan efisien. Aktivitas promosi bukan hanya pemilik usaha saja, melainkan konsumen yang telah loyal atau telah bergabung di komunitas tersebut dapat ikut mempromosikan produk yang ia sukai. Atau dapat dikatakan juga jika keberadaan komunitas sebagai ruang saling memberi testimoni.
Banyak strategi-strategi lainnya yang digunakan untuk memasarkan produk di jejaring sosial ini. Jika account facebook Anda termasuk banyak daftar temannya (hingga ribuan) pasti akan sering menerima gambar tag, atau wall yang dipenuhi kata-kata promosi. Sebab, keberadaan tag gambar di wall Anda tidak hanya Ada saja yang melihat, teman-teman Anda yag masuk daftar teman Anda juga akan ikut melihat gambar tag promos tersebut jika sedang online. Makanya, banyak orang ketika ingin men-tag gambar promosi produnya mencari penguna facebook yang memiliki daftar teman yang banyak. Sehingga, cara ini menjadi salah satu cara yang dipakai untuk berjualan di facebook.
Masih banyak trik-trik yang menjelaskan cara berpromosi di facebook. Untuk mengetahui berbagai trik, silahkan cari di toko-toko buku terdekat. Karena ketika saya datang ke toko buku dan masuk ke bagian komputer/internet, banyak buku-buku yang menjelaskan strategi menjual produk melalui jejaring sosial. Dan Anda bisa membelinya jika ingin mengetahui strateginya. Jika tidak punya uang atau males beli bukunya, gunakan saja om google untuk belajar. Insya Allah jika ada waktu dan kesempatan, saya akan mencoba menuliskan cara dan trik promosi di jejaring sosial berdasarkan pengalaman saya.
Pemasaran Afiliasi
Model pemasaran afiliasi termasuk model internet marketing yang cukup populer belakangan ini. Model ini dilihat dari bentuk pemasaran mereka yang menggunakan sistem agen/reseller online dalam menjual produk-produknya secara online. Tidak hanya pemilik produk saja yang menjualkan produknya, namun para konsumen atau netter yang ingin mencari penghasilan dapat ikut serta menjual produk tersebut. Semakin banyak dan luas kantong-katong jaringan pemasaran, semakin besar juga kesempatan produk untuk banyak terjual di pasaran.
Strategi yang digunakan pun berbagai macam cara. Yang paling umum adalah dengan mendapat untung dari nilai persentasi yang diberikan pemilik produk kepada agen yang menjual dengan harga pasar. Ada juga yang modelnya hampir mirip dengan gaya multi level marketing, jika mampu mengajak untuk menjadi konsumen atau anggota maka bonus pun juga di dapat.
Juga Bermain di SEO
SEO atau kepanjanganya Search Engine Optimization, sudah masuk menjadi bagian dari strategi pemasaran online saat ini. SEO muncul ketika mesin pencari mulai menunjukkan fungsinya di dunia online. Mesin pencari yang paling populer saat ini adalah Google. Kecenderungan para netter yang memanfaatkan mesin pencari untuk mencari sesuatu di internet membuat para pemilik web dan blog berlomba-lomba untuk meningkatkan trafik webnya di mesin pencari seperti google. Dengan kata kunci tertentu dan diketikan di google lalu hasilnya web kita berada di halaman pertama atau pada urutan paling atas, maka itu merupakan bagian dari kesuksesan SEO. Karena, setiap pengguna mesin pencari pasti akan membuka hasil pencariannya pada halaman pertama.
SEO telah menjadi tren bagi para pemilik web dan blog bertempur untuk mendapatkan tempat teratas. Semakin menarik dan banyak yang berkunjung pada sebuah blog dan web juga turus membantu meingkatkan trafik web untuk terindeks di halaman google. Bagi pemasar, aktivitas ini telah menjadi aktivitas pokok dalam berlomba-lomba menampilkan halaman web dan blog bisnis onlinenya untuk bisa masuk pada uruta teratas indeks google. Berbagai cara pun dilakukan agar webnya bisa menjadi yang pertama. Jika pada kata kunci tertentu (sesuai tema dari produk yang dijual) da webnya berhasil pada indeks teratas, maka akan mendapat kesempatan untuk dibuka oleh para calon konsumen.
Banyak sudah web dan blog yang menjelaskan cara dan trik agar web dan blog kita berhasil dalam SEO. Saya pun sering berain SEO untuk meningkatkan rangkin web jualan saya. Terkadang berhasil dan terkadang gagal. Semakin banyak pesaing yang menjual produk yang sama, maka ruang untuk bertempur SEO juga semakin besar. Dilain waktu dan kesempatan Insya Allah saya akan menuliskan cara-cara bermain SEO berdasarkan pengalaman yang pernah saya lakukan. Tunggu saja artikelnya.
Sumber : http://www.ridwanhidayat.com/
0 comments:
Post a Comment