Tips Pemasaran Yang Efektif
Tuesday, December 6, 2011
Tidak bisa dipungkiri, ujung tombak dari semua jenis usaha adalah PEMASARAN. Sebagus apapun produk dan jasa yang dimiliki tidak akan memperoleh tingkat penjualan yang maksimal apabila faktor pemasarannya kurang baik dan tidak tepat sasaran. Oleh karena hal tersebut, pemasaran dalam suatu usaha memegang peanan penting dan perlu mendapatkan perhatian ekstra. Bagaimanakah strategi pemasaran yang baik dan efektif?
Simaklah beberapa tips dan trik berikut ini :
Ø Raih perhatian konsumen
Mungkin saja jenis usaha yang kita geluti bukanlah pelopor atas suatu produk dengan kata lain ada juga yang menghasilkan barang dan jasa yang sama dengan produk yang kita hasilkan. Namun demikian, tunjukkan bahwa produk yang kita hasilkan memiliki kelebihan dari produk sejenis lainnya, disamping itu kemasan yang meanrik juga merupakan daya tarik tersendiri.
Ø Bangun keyakinan/ kepercayaan konsumen
Tips berikutnya dalan semua jenis usaha, bertahannya usaha bergantung dari kepercayaan konsumen. Bangunlah kepecayaan konsumen dengan menjaga mutu serta kualitas produk yang kita hasilkan agar selalu prima
Ø Buat Konsumen Kagum karena pelayanan
Selain kualitas produk yang baik, pada umumnya konsumen menyukai pelayanan yang baik pula, penanganan konsumen secara sopan dan ramah, ketepatan waktu serta layanan paripurna yang baik menyebabkan konsumen nyaman bertransaksi dengan kita.
Ø Kurangi resiko pembelian dengan memberikan garansi
Tunjukan bahwa konsumen adalah raja, berikan servis yang maksimal dan jaminan bahwa produk yang kita miliki memiliki kualitas yang prima, diantaranya memberikan layanan purna jual serta garansi produk.
Ø Gunakan testimonial
Kepuasan pelanggan atas produk serta pelayanan yang kita berikan menjadi “senjata yang ampuh” dalam promosi, yang banyak diterapkasn sekarang adalah testimoni dari pelanggan yang kita miliki.
Ø Buat konsumen mudah menghubungi
Satu hal lagi yang membuat konsumen nyaman bertransaksi dengan kita, yaitu kemudahan menghubungi kita setiap saat mereka membutuhkan layanan serta produk yang kita miliki.
Ø Bonus win-win
Salah satu hal yang menyenangkan bagi konsumen adalah ketika memperoleh bonus extra dari nilai transaksi yang dilakukan. Namun demikian tetap diperhitungkan besarnya bonus atau hadiah yang kita berikan sehingga usaha tidak mengalami kerugian.
Sumber : http://binaukm.com/2011/06/tips-pemasaran-yang-efektif/
.
0 comments:
Post a Comment