Menimbang Segmen Pasar Yang Berbeda
Tuesday, October 11, 2011
Sebagian orang menganggap bahwa segmen pasar bawah kurang memberikan keuntungan dalam bisnis. Sebaliknya segmen pasar menengah ke atas atau premium dianggap selalu mendatangkan keuntungan yang besar. Namun pada kenyataannya tidak selalu demikian, karena persepsi yang menganggap demikian pasar premium menjadi sangat jenuh dan persaingannya sangat ketat. Dan sebaliknya pasar kelas bawah justru memiliki potensi pasar yang besar karena minimnya persaingan. Tidak ada salahnya dalam strategi pemasaran anda mulai menimbang segmen pasar yang berbeda dari yang selama ini disasar. Misalnya saja mulai memikirkan segmen pasar kelas bawah.
Salah satu contoh kasus di Indonesia saat ini adalah munculnya banyak Handphone murah yang menyasar kelas bawah. Meski murah namun Handphone-handphone tersebut memiliki fitur yang cukup lengkap. Ini menjadi penantang bagi produsen merek terkenal yang bermain pada segmen premium atau kelas atas.
Dengan membanjirnya berbagai merek handphone, baik dari dalam negeri atau dari negara Asia lainnya dengan harga murah meriah, dengan fitur yang tergolong lengkap tersebut, merupakan indikasi bahwa segmen menengah ke bawah ternyata bisa menjadi salah satu lahan yang menarik untuk diperhatikan dan dikembangkan.
Dalam bisnis bermain pada satu segmen saja memang cukup merepotkan, bermain pada segmen atas memang memberikan image bahwa produk kita memiliki kualitas ( mahal identik dengan kualitas baik), namun jika persaingan semakin ketat mau tidak mau harus bermain pada segmen yang berbeda. Hal ini bisa memberikan layanan pada pelanggan level bawah namun tetap pula melayani segmen atas.
Namun yang penting untuk diperhatikan adalah kita harus menggarapnya dengan serius. Jika tidak digarap dengan serius bisa menjadi bumerang bagi perusahaan . Bahkan bisa menjadi bumerang bagi nama produk atau jasa kita yang sudah mapan sebelumnya.
Meskipun harganya terjangkau, pastikan memberi pelayanan yang baik dan memenuhi standar yang ada. Yang terakhir ini biasanya cukup banyak diabaikan. Memberi harga murah namun fasilitas yang tidak memadai, sehingga malah banyak orang komplain karena tidak puas dan tidak mau lagi menggunakannya.(Galeriukm).
Sumber:
http://economy.okezone.com/read/2011/08/21/23/494498/mengoptimalkan-pemasaran-di-segmen-berbeda
.
0 comments:
Post a Comment