Membuat Pelanggan Tetap Setia

Thursday, August 25, 2011

Pelanggan adalah sumber kehidupan bagi kelangsungan bisnis kita. Mencari pelanggan bagi produk kita bukanlah hal yang gampang, karena berkaitan dengan banyak hal misalnya saja kepuasan, harga, fungsi dan lain sebagainya. Maka mempertahankan pelanggan lama agar tetap setia dengan prosuk kita menjadi hal yang penting. Membuat pelanggan tetap setia buka hanya persoalan kualitas produk tetapi juga kualitas layanan.

Untuk membuat pelanggan tetap setia menggunakan produk dan layanan kita, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan antara lain:

1. Jangan Berasumsi
Seringkali kita beranggapan bahwa kita tahu apa yang pelanggan pikirkan, namun seringkali yang anggapan kita itu keliru. Maka berfikirlah mengenai pelanggan sesuai dengan data dan fakta bukan asumsi kita. Dengarkan masukan dan lakukan test kecil untuk memahami pelanggan anda.

2. Selalu Memberikan
Selalu memberikan segala sesuatu yang diperlukan oleh pelanggan merupakan hal positif yang bisa membuat pelanggan tetap setia. Misalnya meluangkan waktu, memberikan informasi, memberikan kejelasan waktu menyelesaikan masalah jika ada masalah bahkan informasi mengenai surat menyurat.

3. Membuat Program Untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan
Banyak program bisa dilakukan untuk membuat pelanggan tetap setia, misalnya saja bonus, hadiah dan lain sebagainya. Sesuaikan program dengan kondisi dan situasi.

4. Pelatihan Untuk Staff
Setiap kontak dengan pelanggan dengan staff anda adalah kesempatan untuk membangun reputasi perusahaan atau menghancurkannya. Karena itu penting untuk memberikan sesi pelatihan berkala untuk membantu staff Anda memiliki keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan reputasi perusahaan Anda.

5. Ucapkan “Terima kasih.”
Ucapan terimakasih merupakan hal sederhana namun dapat membuat dampak dan mengatakan banyak tentang perusahaan Anda dan nilai Anda tempatkan pada pelanggan.

6. Tetap Menjalin Hubungan
Menjalin hubungan denga pelanggan merupakan hal yang cukup penting, meski hubungan itu tidak semata-mata berkaitan dengan produk. Anda bisa menjalin hubungan untuk memberikan edukasi dan tukar pengalaman tanpa harus mendorong untuk menggunakan prosuk. Tetap menjalin hubungan bisa dilakukan dengan banyak hal misalnya saja telepon, email, media social dan lain-lain.

7. Berikan Layanan VIP
Terkadang kita terlalu fokus memperhatikan pelanggan baru karena berharap akan potensinya, namun jangan lupa memperhatikan pelanggan lama yang tetap setia. Berikan tawaran program-program loyalitas eksklusif, penawaran spesial, diskon dan lain-lain ditujukan khusus untuk pelanggan Anda terbaik dan paling setia.

Membuat pelanggan lama tetap setia merupakan hal sederhana namun penting dan terkadang dilupakan. Jika dengan membuat pelanggan lama tetap setia bisa meningkatkan penjualan produk kita, mengapa harus susah-susah mengejar pelanggan baru yang belum tentu akan setia?(Galeriukm).

Sumber: http://www.entrepreneur.com/article/219712
.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Academics Blogs Academics Top Blogs blogarama - the blog directory Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits! Media Promosi

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP