Jangan Membuat Kesalahan Segmentasi Pasar
Thursday, August 11, 2011
Kesalahan dalam menentukan segmentasi pasar berbahaya dalam keberhasilan strategi marketing. Dampaknya tidak hanya merembet para targeting market, tetapi juga bisa berakibat fatal pada seluruh strategi dan taktik yang dijalankan perusahaan. Biasanya kesalahan segmentasi pasar berpangkal dari kurangnya informasi pasar. Akibatnya, pengelompokkan konsumen tidak sesuai dengan kondisi pasar yang sesungguhnya.
Setiap pasar itu unik, sebab konsumen yang satu pasti berbeda dengan yang lainnya. Tidak ada pasar yang benar-benar homogen. Hanya saja dalam dunia pemasaran, jumlah konsumen yang sangat banyak ini tidak mungkin “dipotret” satu per satu. Maka mereka lalu disederhanakan. Konsumen yang mempunyai karakteristik sama dikelompokkan dalam satu segmen pasar (segmentasi).
Problem terbesar di Indonesia, adalah banyaknya perusahaan yang seringkali membuat keputusan didasari atas informasi yang tidak cukup. Para pemasar harus mampu melihat struktur industrinya untuk menghindari kesalahan segmentasi tersebut. Mereka harus melakukan studi pasar, memanfaatkan riset pasar dan melakukan marketing intelligent agar tahu persis pasarnya seperti apa.
Agar tidak terjebak pada kesalahan dalam menentukan segmen pasar maka riset pasar yang akurat memegang peranan yang sangat penting. Fokus pada pasar yang tidak memadai biasanya disebabkan kurang mampunya mengidentifikasi segmen pasar dan buruknya prioritisas dalam menentukan segmen pasar.(Galeriukm).
Sumber:
http://marketing.co.id/retail/2011/07/19/kesalahan-segmentasi/
.
0 comments:
Post a Comment