Tips Optimasi Kata Kunci Di Google Adwords
Sunday, February 6, 2011
Banyak member dan juga pembaca newsletter bertanya, “Mengapa iklan yang sudah berjalan, kemudian tiba-tiba QS-nya jatuh, malah om google ngasih tahu kalau kata kunci yang di biding tidak memicu iklan”.
Bahkan ada yang lebih ekstrem yaitu om google ngasih tahu bahwa harga biding melambung jauh. Awalnya kita biding 800 perak, eh sekarang naik sampai 9000.
“Ada apa gerangan ini?”
Pernahkah Anda mengalaminya juga?
Ada beberapa alasan mengapa om google memberikan warning seperti itu, namun berita baiknya adalah tiap kali ada kesalahan yang kita buat, om google juga memberitahukan alasannya.
Saya sendiri pernah mengalami hal tersebut dan ketika saya mempraktekkan saran dari om google, iklan saya kembali tayang dan hasilnya memuaskan.
Berikut tips singkat yang saya praktekkan ketika menghadapi kasus diatas:
1. Saya akan cek Relevansi antara kata kunci, isi iklan dan isi konten situs yang saya promosikan.
Apakah isi kontent tersebut benar-benar membantu user/pencari/target market atau tidak sama sekali.
Ada yang bertanya, “Loh, pak Gm ..caranya gimana sih supaya isi kontent yang kita buat itu benar-benar membantu users?”
Gampang:
Posisikan diri Anda sebagai user!
Katakanlah Anda sedang mencari baju anak branded, lalu anda menjumpai situs yang isinya hanya IKLAN tentang dimana dia bisa beli baju anak branded.
Kurang lebih seperti ini:
“Dijual baju anak branded harga spesial Rp. 99.000,00,- DISC 20%, hanya di www.namasitus.com
Segera..BURUAN..kesempatan ini terbatas!
Apakah isi kontent diatas bermanfaat?
Jawabannya adalah TIDAK!
Dan saya yakin jika Anda mempromosikan situs dengan isi kontent seperti itu menggunakan google adwords, pasti QS-nya rendah sekali dan ujung-ujungnya iklan Anda tidak akan pernah ditayangkan.
“Lalu seperti apa yang user friendly itu?”
Contoh kasus kedua.
Sama-sama jual baju branded anak, namun di situs ini isi kontentnya sedikit berbeda.
Alih-alih langsung ngiklan, si pemilik situs membuat beberapa menu seperti:
TOP 5 Baju Branded Anak 2010, Perbandingan/Review masing-masing merk oleh beberapa pembeli/customer testimonial, Kelebihan dan kekurangan masing-masing merek, kemudian rekomendasi harga dan dimana bisa membeli dengan harga rekomendasi tersebut, jaminan garansi dan katalog contoh baju anak branded yang sedang laris di pasaran.
Kemudian disertakan juga, bagaimana cara user mengkontak dia (untuk menanyakan segala sesuatu tentang produknya/produk yang dipromosikannya).
Tidak lupa juga, si pemilik situs juga memberikan tips-tips singkat seputar pengalamannya dalam membeli baju branded anak. Disertai pengalaman serupa yang dialami beberapa pelanggan (mungkin masalah pengiriman produk, harga, kemasan, dll)
Nah, sekarang jika user-nya adalah Anda, kira-kira Anda akan lebih betah membaca contoh isi konten pertama atau kedua pada studi kasus diatas?
Yap, benar pasti model isi kontent situs kedua yang masuk pada kategori user friendly dan good news-nya adalah om google pun akan memberikan QS tinggi, bahkan harga penawaran yang murah dibandingkan pesaing Anda, dan terlebih iklan Anda akan ada selalu di urutan atas.
2. Silahkan Anda membuat daftar kata kunci yang lebih efektif. Hindari kata kunci mayor yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan isi kontent Anda.
Jika misalnya Anda ingin mempromosikan situs Anda yang menjual baju batman, adalah lebih efektif Anda menembak kata kunci “juat baju batman” dibandingkan dengan menembak kata kunci “jualan baju anak”.
3. Silahkan Anda naikkan tawaran/harga bidding kata kunci yang Anda tembak.
Tidak selalu harga mati untuk Anda menembak kata kunci adword semurah-murahnya, terkadang kita harus berani menaikkan harga bidding untuk membuat iklan kita layak tampil.
Itulah tips singkat yang bisa Anda praktekkan sesegera mungkin.
Sumber : http://kayadaribisnisinternet.com/google-adwords-optimasi-kata-kunci/
.
0 comments:
Post a Comment