Memilih Media Untuk Pemasangan Iklan
Thursday, August 5, 2010
Memilih Media Pemasangan Iklan merupakan kegiatan yang sangat menentukan terhadap efektifitas iklan yang dipasang. Karena itu perlu strategi untuk memilih media pemasangan iklan. Berikut, empat langkah utama yang harus diambil ketika akan memilih media pemasangan iklan.
Empat langkah utama tersebut adalah:
1. Memutuskan jangkauan, frekuensi dan dampak dari iklan yang dipasang.
2. Memilih jenis media utama.
3. Memilih sarana media khusus.
4. Memutuskan penentuan waktu media
Memutuskan tentang jangkauan, frekuensi dan dampak dari iklan yang dpasang:
* Jangkauan (reach), ukuran presentase orang-orang yang diharapkan membaca iklan misalnya; di pasar sasaran yang terpapar; pada kampanye iklan selama periode waktu tertentu.
* Frekuensi (frequency), ukuran mengenai seberapa sering rata-rata orang di pasar akan terterpa oleh pesan tersebut.
* Dampak media, nilai kualitatif terpaan pesan melalui medium tertentu.
Memilih jenis media utama
Perencana pesan iklan harus memahami jangkauan, frekuensi dan dampak masing-masing media utama sebelum memutuskan memilih media mana yang akan digunakan. Ada sejumlah factor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media, yakni kebiasaan media pelanggan sasaran, sifat produk yang relevan dengan media yang dipilih, jenis pesan (pesan dengan jenis berbeda sering memerlukan media berbeda pula), dan biaya.
0 comments:
Post a Comment