10 Tips Membuat Iklan Menjadi Terkenal
Thursday, June 17, 2010
Iklan menjadi terkenal dan mendapat perhatian dari banyak orang adalah harapan dari setiap pemasang iklan. Lantas, bagaimana caranya? 10 tips berikut merupakan kiat bagi setiap pemasang iklan untuk membuat iklan menjadi terkenal.
1. Buatlah Iklan Menjadi Sebuah Kejutan
Secara umum, kita semua menyukai kejutan, karena itu sebisa mungkin nyatakan pesan iklan yang biasa dalam cara yang tidak biasa, bahkan yang luar biasa sehingga menjadi sebuah kejutan. Bukan seperti komedi, tetapi nyatakan dengan cara yang berbeda dari yang lain. Pasanglah iklan bukan ditujukan untuk kegiatan hari ini, tetapi ditujukan untuk sesuatu yang menggambarkan tentang hari esok.
2. Keep It Simple
Pada dasarnya, setiap manusia tidak ingin repot atau direpotkan. Dia ingin yang sesuatu yang simple. Oleh karena itu, buatlah iklan sesederhana mungkin. Jangan biarkan desain iklan dapat mengalahkan pesan dalam iklan itu sendiri. Idenya adalah penonjolan bagian yang terpenting pada pesan iklan bukan pada asesorisnya.
Download file atau
3.Melibatkan Pembaca Iklan.
Sebagai makhluk sosial, manusia pada dasarnya menyukai komunikasi atau interaksi. Oleh karena itu, buatlah iklan yang dapat membuat pembaca/penikmat dapat berinteraksi. Misal: iklan ini membuat saya kaget, membuat saya marah, membuat saya bahagia, membuat saya menangis, tapi tidak bosan untuk dibaca dan dilihat.
4. Membuat pembaca penasaran
Secara alamiah, rasa ingin tahu setiap manusia sangat besar. Manusia ingin tahu banyak hal. Bukankah tujuan sesungguhnya dari pemasangan iklan adalah untuk membuat konsumen ingin informasi lebih lanjut? Karena itu buatlah iklan yang mampu membuat pembaca penasaran ingin tahu lebih lanjut.
5. Iklan yang baik yang memberikan jawaban
Jangan biarkan rasa ingin tahu seseorang menjadi rasa frustasi yang akhirnya berbalik menjadi rasa benci. Iklan yang baik adalah iklan yang mampu memberikan jawaban atas keingin-tahuan manusia/konsumen. Sebuah iklan seperti sebuah pertanyaan yang belum terjawab yang harus diselesaikan.
6. Menarik kesimpulan sendiri
Upayakan dalam desain iklan, agar konsumen mampu menarik kesimpulan sendiri dari iklan yang kita buat. Setelah itu, biarkan konsumen menarik kesimpulan sendiri pula dari iklan yang kita buat, ‘Sebuah iklan yang baik mampu membawa saya ke suatu kesimpulan yang kuat’.
7. Informasi utama dan gambar bercerita
Dalam upaya membuat konsumen penasaran, judul iklan tidak boleh memberi tahu konsumen apa yang ada dalam gambar atau desain iklan. Ada sesuatu dalam gambar yang tidak kamu lihat. Upayakan agar informasi utama dan gambar bersama-sama membuat sebuah cerita.
8. Mereka tidak pernah membual
Tonjolkan fakta dalam iklan, jangan pernal membual. Misal: Yellowstone Harley-Davidson ® di Belgrade, Montana, populasi 3,000-4,000, memiliki billboard di pinggir kota dan menyatakan, "Harley-Davidson ® dealer terbesar di Belgrade!" Mereka tidak hanya terbesar, dan dealer hanya di Belgrade, mereka adalah satu-satunya dealer di lebih dari seratus mil. Hanya sebuah fakta, bukan membual
9. Mereka selalu dilaksanakan dengan baik
Mereka memiliki desain yang baik yang tidak menguasai pesan. Mereka memiliki foto yang tajam, tipografi yang baik, dll.
10. Berapa Barang yang mereka Jual
Sebuah iklan bisa terlihat besar dan masih tidak menjual. Apa yang Anda katakan adalah sama pentingnya dengan bagaimana Anda mengatakan. Bagaimana sebuah iklan yang memenangkan penghargaan jika tidak menjual?
0 comments:
Post a Comment