Kelemahan Umum Media Cetak Sebagai Media Iklan

Sunday, December 6, 2009

Menurut Eric Barnow, media cetak (the printed page) sebagai media penyampai pesan yang berujud cetak mempunyai beberapa kelemahan antara lain:
1. Media cetak (The printed page) tidak mempunyai suara, jadi tidak bisa menimbulkan kesan akrab sehingga kurang mampu menggugah emosi.
2. Yang bisa dicapai oleh media cetak (printed page) hanyalah mereka yang bisa membaca, bahkan dalam media cetak (printed page) tertentu pembacanya adalah orang–orang yang berpendidikan.
3. Karena media cetak dicetak, maka media cetak menghendaki untuk dibaca.
4. Jika radio, TV dan sebagainya bisa dinikmati oleh dua orang atau lebih secara bersama–sama, maka pada media cetak, hal ini kurang leluasa untuk dilakukan.

Mengingat beberapa kelemahan media cetak seperti diatas, maka para pemasang iklan yang menggunakan media cetak sebagai media penyampai pesan–pesan iklannya harus meramu kata dan kalimat, juga punya kemampuan lebih dalam memvisualisasikan produk. Gambar (visual) dan kata inilah yang diharapkan mampu mempengaruhi target audience sehingga berbuat sebagaimana yang disarankan oleh produsen barang dan jasa (pemasang iklan).

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Academics Blogs Academics Top Blogs blogarama - the blog directory Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits! Media Promosi

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP